Profil Biografi Basuki Tjahaja Purnama Gubernur DKI Jakarta

Basuki Tjahaja Purnama Saat Menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta

Walikotaku.com Profil Biografi Basuki Tjahaja Purnama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, merupakan gubernur DKI Jakarta periode 2014 - 2017.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menjabat sebagai Gubernur DKI semenjak Presiden Jokowi Mengundurkan diri sebagai Gubernur untuk mencalonkan diri sebagai Calon Presiden pada 2014 yang lalu. Basuki Tjahaja Purnama kemudian dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo.

Basuki Tjahaja Purnama mengawali karier politiknya dengan bergabung bersama Partai Perhimpunan Indonesia Baru dan berhasil mengantarnya menjadi anggota DPRD tingkat II Belitung Timur, Delapan Belas bulan kemudian Basuki Tjahaja Purnama mencalonkan diri dan terpilih menjadi Bupati Belitung Timur, tak lama menjabat Bupati Belitung Timur, Basuki Tjahaja Purnama mengajukan diri sebagai Gubernur Bangka Belitung namun pencalonannya tidak semulus saat menjadi anggota DPRD dan Bupati Bangka Belitung.

Berikut Profil Biografi Basuki Tjahaja Purnama.

Nama             Basuki Tjahaja Purnama 
Dilahirkan     Manggar, 29 Juni 1966
Lulusan         Universitas Trisakti
                      STIE Prasetia Mulia
Profesi           Insinyur

Karier Politik    PPIB - Anggota DPRD
                          P. GOLKAR - Anggota DPR - RI
                          P. Gerinda - Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012 - 2017
                          Independent - Gubernur DKI Jakarta 2014 - 2017

Setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama melakukan beberapa kebijakan yang kontroversial diantaranya adalah normalisasi kali ciliwung, rencana menghapus kopaja dan becak.

Gubernur asal Belitung Timur ini juga mewacanakan kebijakan - kebijakan yang banyak menjadi pertentangan diantaranya adalah, penghapusan subsidi BBM, relokasi warga Kampung Pulo dll. 

PENGHARGAAN

Meskipun banyak melakukan kebijakan yang tidak biasa, Basuki Tjahaja Purnama kerap mendapat banyak penghargaan di kariernya yang baru sebagai seorang politisi diantaranya.

Tokoh Anti Korupsi : Pemberi Penghargaan KADIN dan KEMENPAN 2007.
10 Tokoh yang mengubah Indonesia : TEMPO 2007
Bung HATTA Anti Corruption Award : 2013 
Tokoh Kontroversional : Pemberi Penghargaan Seputar Indonesia.
Tokoh Politik 2015 : Yayasan Gus Dur.

Basuki Tjahaja Purnama tergolong pemimpin berhasil dengan mengedepankan semangat pemberantasan korupsi dengan berbagai kebijakan yang sesuai dengan amanat konstitusi.




1 Response to "Profil Biografi Basuki Tjahaja Purnama Gubernur DKI Jakarta "